4 Tips Melancarkan Usaha

Home / Inspirasi / 4 Tips Melancarkan Usaha

4 Tips Melancarkan Usaha

Punya usaha tapi seret terus? Atau punya usaha tapi ga berkembang? Coba 4 tips melancarkan usaha yang sudah saya buktikan sendiri.

 

Banyak dari kita yang ingin usahanya berkembang pesat sehingga kekayaanpun segera di dapat. Tapi tahukan kamu bagaimana cara agar usaha yang kamu jalani bisa lancar? Cobalah beberapa tips berikut yang sudah saya praktikkan sendiri.

1. Hindari maksiat

“(2) Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya dia akan mengadakan baginya jalan keluar. (3) dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (QS Ath-Thalaq: 2-3)

Secara garis besar, jika kita memang benar-benar orang yang bertakwa, maka tentunya kita akan menghindari hal-hal yang berbau maksiat. Nah, jika memang kita sudah terhindar dari hal-hal berbau maksiat, sesuai janji Allaah dalam surat di atas, maka Allaah akan memberikan rejeki dari arah yang tidak disangka-sangka oleh kita sendiri. Pernah kan dapet rejeki dari hal-hal yang tidak pernah kita sangka? 😀

Kalau memang usahamu seret, omzet besar tapi pengeluaran lebih besar, cobalah merenung sejenak. Kira-kira kamu sudah menghindari hal-hal yang berbau maksiat atau belum? Atau malah ternyata kamu ahli maksiat?

 

2. Solat tepat waktu

Hayya ‘alal falah

Pasti kita sering denger ya dengan kalimat tersebut? Ya, itu adalah sepenggal adzan yang artinya adalah “Mari meraih kemenangan”. Ketika dipanggil adzan, kamu langsung bergegas ga untuk solat di Masjid?

Nah, kalau memang rejekimu masih seret, cobalah diperbaiki solatnya. Solat tepat waktu dan berjamaah di Masjid. Menjawab setiap panggilan dari Allaah. Allaah mengajakmu untuk “Meraih Kemenangan” tapi kamunya tidak memperdulikan, gimana kamu bisa sukses besar kalau seperti itu?

 

3. Solat Dhuha

Nah kalau yang point ini mah semua orang saya rasa juga cukup tau. Nah, cobalah untuk mulai solat dhuha, bisa 8 rekaat sehari. Kalau kata Ustaadz Yusuf Mansyur, 2 rekaat solat dhuha itu artinya kita memiliki kunci rejeki, 4 rakaat solat dhuha artinya kita memasukkan kunci ke pintu, 6 rekaat solat dhuha artinya kita membuka pintu rejeki, dan 8 rekaat solat dhuha kita ambil rejeki yang ada di balik pintu tersebut. Mau? 😀

 

4. Sedekah

Nah untuk point ini, benar-benar sudah terbukti dari saya pribadi. Dulu saat saya dan teman-teman jalan-jalan ke suatu tempat dan melihat Ibu-Ibu yang sedang mencari kayu bakar dan menggendong kayu tersebut susah payah, hati kami pun tergerak. Sampai akhirnya kami keluarkan uang Rp. 300.000 dan kita berikan ke Ibu tersebut. Senengnya bukan kepalang sang Ibu itu. Sampai beliau mendoakan kita panjaaang banget. Hati kami pun tersentuh, dan seketika itu jatuh pula air mata ini.

Malamnya setelah kami bersedekah itu, Alhamdulillaah dapat rejeki sebesar Rp. 300.000.000. Darimananya ga usah disebutin ya, hehehe. Cukup tau intinya saja bahwa saat itu saya bersedekah Rp. 300.000 dan diganti sama Allaah sebesar Rp. 300.000.000. Seribu kali lipat dari yang saya sedekahnya. Sujud syukur deh saat itu, nangis senangis-nangisnya. :’)

Allaah memang terlalu baik, mengabulkan doa-doa kita, pun disaat kita tetap berbuat dosa.

Nah, semoga tulisan ini bisa menjadikan temen-temen dan khususnya untuk saya pribadi agar ditingkatkan lagi menghindari maksiatnya, rajin ke mesjidnya, rajin solat dhuhanya, dan rajin sedekahnya ya.

 

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt
ruko mbah bintoro