Menghafal atau Memaknai

Home / Islami / Menghafal atau Memaknai

Menghafal atau Memaknai

Waktu kecil, saya sering diajak Bapak ke Masjid. Banyak sekali teman sepantaran saya yang solat di Masjid. Ketika membaca sebuah surat pendek, terutama Al-Ikhlas, hampir setiap anak kecil pasti melantunkannya dengan keras. Ya karena memang mereka HAFAL surat pendek ini.

Hampir semua orang pasti HAFAL surat ini, tak terkecuali kamu, , , , iya kamu, , , , , , 😛

Nah, semakin besar, akhirnya saya semakin berfikir, surat yang saya hafal sejak kecil itu, artinya apa? Mungkin banyak orang yang hafal surat ini, atau surat-surat yang lain, tapi tidak tau artinya.

Sampai akhirnya saya coba buka Al-Quran yang ada terjemahannya, lantas menghafalkan artinya. Dan, sungguh nikmat ketika kita tau artinya. Seakan-akan kita sedang berbincang-bincang dengan Allaah SWT.

Hal inilah yang membuat saya akhirnya sadar bahwa sangat penting tau arti dari sebuah surat maupun bacaan solat. Mungkin, banyak diantara kita hafal bacaan surat tapi tidak tau artinya. Padahal, dalam solat, kita seolah sedang berbincang dengan Allaah SWT. Ketika kita berbincang lantas kita tidak tahu maksud yang kita omongkan, apakah lawan bicara kita akan memperhatikan kita? Tentu tidak.

Sama halnya dengan solat, ketika kita solat, inti dari semua bacaan adalah memuji dan meminta ampun, kalau kita tidak tau setiap bacaan dan tidak memaknainya sampai ke hati, apakah Allaah SWT akan mengampuni kita? Sedang kita sendiri tidak tau apa yang kita minta ke Allaah SWT saat kita solat.

Yuk, mulai sekarang kita coba menghafal arti setiap bacaan solat, lantas memaknainya sehingga setiap gerakan solat, kita tahu apa yang kita bicarakan ke Allaah agar kita lebih khusyu’ dalam solat. :’)

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt
4 Tips Melancarkan Usaha