Yakin

Home / Inspirasi / Yakin

Yakin

Yakin, kata yang sangat simpel, tapi memiliki makna yang sangat dalam.

Setelah lulus kuliah tahun 2012 lalu, saya memutuskan diri untuk tidak bekerja di perusahaan orang. Tekad saya sudah bulat untuk menjadi pengusaha. Pada saat itu, saya sama sekali tidak memiliki ilmu yang mumpuni untuk menjadi seorang pengusaha. Akan tetapi, pada saat itu saya memiliki satu hal, yaitu sebuah KEYAKINAN bahwa saya bisa menjadi seorang pengusaha sukses yang menjadi penyalur rejeki banyak orang, sehingga melalui itu pahala pun Insya Allaah akan mengalir ke diri saya.

Setelah lulus kuliah, saya memutuskan untuk membuka sebuah outlet batik meneruskan perjuangan saya semasa kuliah yaitu berjualan batik dengan brand Mbah Bintoro. Kesalahan pertama saya terletak pada titik ini, saya meminjam uang ke Bank sebagai modal usaha saya. Yang ini sebenernya sangat dilarang Allaah karena mengandung unsur RIBA. Tapi karena memang dulu ilmu belum cukup, main langsung hajar aja. hehe

Nah, saat itu saya meminjam uang kurang lebih Rp. 10.000.000 dari Bank, lalu di tambah modal dari kakak pertama saya Rp. 10.000.000 serta kakak kedua saya Rp. 10.000.000. Jadi total modal saya sebesar Rp. 30.000.000. Tanpa perhitungan yang matang, saya langsung sewa ruko, renovasi ruko, beli perlengkapan outlet sampai bukalah outlet Mbah Bintoro dulu di Rawa Lumbu Bekasi Barat. Akhirnya uangnya pun habis untuk renovasi saja, dan saya kekurangan uang untuk membeli produk-produk yang akan dijual di ruko. Alhasil, jualan apa adanya. Jualan barang-barang yang tersisa saja. Sama sekali tidak terkonsep, tidak terencana dengan baik, dan akhirnya apa adanya.

ruko mbah bintoro

Penampakan Ruko Mbah Bintoro saat kebanjiran, ngenes

Beginilah ruko sederhana saya dahulu, dengan lebar 4 meter dan panjang ke dalam sekitar 20 meter, sayapun tinggal di dalam ruko itu selepas lulus kuliah untuk mempertahankan hidup. hehe

Suka duka saya lalui bersama teman-teman baru, penjaga resto Yokobento di samping kanan ruko saya serta penjaga jualan bensin di samping kiri ruko saya. Ya, mereka teman-teman saya saat saya lulus kuliah.

Untuk kelanjutan kisahnya, disambung nanti ya, InsyaAllaah akan rutin saya bagikan agar menginspirasi temen-temen, hehe

Recommended Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt
4 Tips Melancarkan Usahadidik subi sma